Home » , » Manfaat Senam

Manfaat Senam

  • Manfaat Fisik
Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan
komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Lewat berbagai kegitannya anak yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelentukannya, koordinasinya, kelincahan serta keseimbangannya apalagi jika ditekankan pula kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular-system) program senam akan menyumbang pada perkembangan fisik yang seimbang
    Disamping itu, program senam dapat pula menyumbang pada pengayaan perbendaharaan gerak pada pesertanya. Dasar-dasar senam akan sangat baik dalam mengembangkan pelurusan (aligment) tubuh, penguasaan dan kesadaran tubuh secara umum dan keterampilan-keterampilan senam. Contohnya meliputi berdiri dengan postur tubuh yang baik, menggantung dalam posisi terbalik serta menampilkan variasi gulingan berturut-turut. 
    Singkatnya kemampuan-kemampuan yang dikembangkan ketika mengikuti kegiatan senam bersifat sangat fundamental terhadap gerak secara umum. Dalam kaitannya inilah kegiatan senam dapat dianggap membantu anak untuk mempersiapkan diri untuk bisa berhasil pada cabang-cabang olahraga yang lain.
  • Manfaat Mental dan Sosial 
    Ketika mengikuti program senam, anak harus dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Untuk itu anak harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak, dengan demikian anak akan berkembang kemampuan mentalnya. Terakhir adalah diyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari program senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri) ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana anak mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang positif.  
  • Kerangka Berpikir
    Semua bentuk kegiatan manusia selalu memerlukan dukungan fisik/jasmani, sehingga masalah kemampuan fisik/jasmani merupakan factor dasar harus selalu dipelihara dan bahkan ditingkatkan agar kemampuan untuk menghadapi tugas-tugas extra. 
    Untuk meningkatkan kebugaran jasmani tersebut diatas perlu adanya bentuk latihan olahraga dengan cukup dan teratur (secara terus menerus misalnya dalam satu minggu tiga atau empat kali latihan), maka akan sangat berpengaruh sekaligus memberi dampak positif terhadap kebugaran jasmani. Hal ini disebabkan selain otot-otot bertambah besar dan kuat, juga mengani jantung dan organ-organ tubuh lainnya akan berfungsi lebih baik dan lebih kuat lagi. Hal ini dapat kita buktikan dengan orang yang selalu melakukan latihan kegiatan olahraga secara teratur, dengan orang yang tidak pernah melakukan latihan kegiatan olahraga akan tampak jelas, kebugaran jasmani, kekuatan, kecepatan, maupun daya tahan mereka yang terlatih teratur dengan orang yang tidak pernah sama sekali. 
    Dengan memperhatikan hal tersebut diatas, maka olahraga yang dapat meningkatkan derajat kebugaran jasmani adalah olahraga aerobik. Penulis memilih senam aerobik dengan asumsi : Peningkatan dan pemeliharaan kapasitas aerobik merupakan sasaran utama olahraga ini pada senam gerakannya dapat dibuat yang menjangkau seluruh persendian dan otot, dalam dosis-dosis mulai dari paling ringan, khusus untuk pelemasan dan perluasan pergerakan persendian sampai pada bentuk-bentuk gerakan untuk meningkatkan dan kekuatan daya tahan otot, senam aerobik dengan meramunya dari gerakan-gerakan yang ada sehingga memenuhi criteria olahraga aerobik. 
    Dalam berolahraga ada porsi tertentu agar tubuh tetap bugar. Porsi olahraga yang baik dengan memenuhi FITT yakni Frewuency, Inetensity, Time and Type. Frekuensi olahraga senam apapun dilakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi 20-60 menit. Intensitas atau beban sekitar 60-90% dari HR (denyut nadi maksimal). 
    Menurut Megah (www.google.com/aerobik/2004), untuk mencapai efek latihan maka olahraga harus dilakukan sesering mungkin. Sekurang-kurangnya 33 kali hingga 5 kali dalam seminggu. Selain harus memperhatikan keteraturan berolahraga juga penting memperhatikan keteraturan dalam beristirahat, tidur serta menu yang baik dan seimbang. “untuk mencapai hasik maksimal harus ada regularitas. Olahraga tidak kurang dari tiga kali seminggu dan beristirahat tidak lebih dari dua hari”.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

 
Support : Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Husni Tamrin Blog...... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger